Pernah mengalami berobat namun merasa kurang puas dengan apa yang diterima? Coba lakukan langkah-langkah di
      
      
        bawah ini:
      
      
        1. Ceritakan rasa sakit yang anda rasakan secara detail pada keluarga atau kolega terdekat dan minta rekomendasi dokter
      
      
        atau rumah sakit yang mereka ketahui untuk mengatasi keluhan anda.
      
      
        
      
      
        2. Berdasarkan rekomendasi yang diberikan, tentukan dokter atau rumah sakit yang dituju. Anda dapat mencari tahu
      
      
        kredibilitas mereka melalui kerabat yang lain atau internet.
      
      
        
      
      
        3. Manfaatkan teknologi untuk mencari terlebih dahulu mengenai alamat dan jam operasional dokter atau rumah sakit
      
      
        tersebut melaui internet pencarian atau langsung websitenya untuk menghemat waktu. Pilih dengan posisi yang dekat
      
      
        dengan tempat tinggal untuk mengantisipasi sakit yang diderita tiba-tiba muncul.
      
      
        
      
      
        4. Pastikan fasilitas lengkap dan pelayanannya ramah. Kenyamanan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
      
      
        kesehatan.
      
      
        
      
      
        5. Persiapkan hal-hal yang sekiranya diperlukan untuk pemeriksaan seperti hasil rontgen, pemeriksaan darah, CT-scan
      
      
        dan rekam medis yang berhubungan dengan keluhan hingga obat yang rutin dikonsumsi atau yang diminum untuk
      
      
        mengurangi rasa sakit sementara.
      
      
        
      
      
        6. Ceritakan dengan tepat dan jelas mengenai keluhan kesehatan yang dialami. Beri penjelasan dengan mendetail agar
      
      
        dokter bisa membuat diagnosa dengan tepat dan memberikan tindakan medis atau resep dengan benar.
      
      
        
      
      
        7. Beri informasi mengenai alergi yang dimiliki agar dokter dapat memberikan resep obat yang tepat dan tidak
      
      
        menimbulkan efek samping yang merugikan.
      
      
        
      
      
        8. Pengguna BPJS atau asuransi, pastikan dokter atau rumah sakit tersebut telah berafiliasi dengan BPJS atau asuransi
      
      
        yang dimiliki. Persiapkan dana untuk mengantisipasi jika ternyata sakit yang diderita tidak termasuk daftar yang
      
      
        ditanggung asuransi atau BPJS.
      
      
        9. Jika masih belum yakin, anda bisa mencari second opinion dengan cara yang sama.
      
      
        
      
      
        10. Lakukan seperti yang dianjurkan dokter atau apoteker mengenai cara mengkonsumsi obat dengan teratur, makanan
      
      
        yang dapat mendukung proses penyembuhan maupun hal-hal yang harus dihindari.
      
      
        
      
      
        Bila mengalami keluhan kesehatan, meskipun sedikit dan dirasa ringan, sebaiknya segera diperiksakan. Semakin dini
      
      
        terdeteksi dan ditangani, semakin besar tingkat kesembuhannya.***